Berita

Current Articles | Categories | Search

DANLANTAMAL XII MENGHADIRI MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN (MUSRENBANG) REGIONAL KALIMANTAN

 
TNI AL Lantamal XII Pontianak, Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Regional Kalimantan, bertempat di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat Jl. Ahmad Yani, Kota Pontianak- Kalimantan Barat.Rabu (19/02/2020)


Dalam sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengatakan dirinya miris karena Kalimantan masih bergantung suplai listrik dari negara tetangga. Padahal, dia melihat potensi yang dimiliki sangat besar. “Kalimantan ini memiliki potensi yang sangat besar, dan menjadi salah satu pulau terbesar di Indonesia. Di laut maupun di darat,” ungkapnya .


Mendagri Puji Kalimantan Tercepat Adakan Musrenbang Sinergitas PLN-TNI Bantu ‘Setrum’ Daerah Pelosok, Sinergisitas PLN-TNI Dorong Percepatan Pembangunan Kelistrikan Kalbar. Mendagri mengatakan, Kalimantan memiliki potensi kehutanan, pertambangan, perkebunan, perikanan, kelautan hingga pariwisata. Kekayaaan alam tersebut sangat besar.


Mendagri Minta Pemerintah Provinsi di Kalimantan Permudah Investasi .“Kita memiliki apa saja energi di sini. Jepang tidak punya minyak, batu bara. Kita memiliki minyak, Balikpapan kota minyak, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan. Begitu juga potensi gas, di Kalimatan Utara (Kaltara),” terangnya.


Dengan mengangkat Tema “ Membangun Kalimantan Menuju Peradaban Indonesia Baru “ Lima gubernur se Kalimantan mendeklarasikan dukungan pemindahan ibu kota baru di Kabupaten Penajem Passer Utara, Kalimantan Timur. Pembacaan deklarasi tersebut dilakukan usai pembukaan Musrembang Regional Kalimantan 2020. Kegiatan itu disaksikan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman dan jajaran Forkopimda.


Dalam kesempatan tersebut Juru bicara Presiden Fadjroel Rachman mengatakan “Atas nama Presiden RI, kami menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan lima Gubernur dan seluruh masyarakat Kalimantan terhadap perpindahan provinsi baru di Penajem Paser Utara.


Sebagai orang Kalimantan, Fadjroel mengaku senang karena Pulau Kalimantan dipilih menjadi lokasi ibu kota negara yang baru. Sehingga, dia mengaku sengaja menyempatkan hadir dalam kegiatan tersebut. “Saya orang Kalimantan, makanya saya gembira dan kemarin minta izin ke Presiden untuk hadir sebagai orang Kalimantan mendukung ibu kota baru,” ungkapnya.


Dia yakin, seluruh pulau di wilayah Kalimantan akan mendapatkan keuntungan dengan hadirnya ibu kota baru, baik secara ekonomi, infrastruktur hingga, sumber daya manusia. Sebab, hampir Rp500 triliun dana akan masuk dalam pembangunan ibu kota baru. Selain itu, 2, 5 juta orang yang akan mendiami ibu kota baru pada tahun 2024 nanti. “Pastinya 2,5 juta orang itu akan memerlukan pangan seperti beras. Beberapa tempat di Kalimantan. Kalimantan selatan misalnya bisa menjadi penyedia,” paparnya.


Selain itu, daerah-daerah yang memiliki industri semen di Kalimantan tentunya akan terdampak. Sebab, sangat diperlukan dalam pembangunan infrastruktur. Di samping itu, Universitas terbaik juga direncanakan dibangun di Kalimantan sehingga meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM). “Insyaallah nanti seluruh warga Kalimantan bisa mendapatkan pendidikan yang terbaik di ibukota baru.


Mudah-mudahan target pemindahan ibu kota baru di tahun 2024 berjalan mulus,” pungkasnya.


Demikian Siaran Berita Lantamal XII.

posted @ Thursday, February 20, 2020 6:52 AM by Pen Lantamal XII

Previous Page | Next Page

 


CONTACT US

Lantamal XII PONTIANAK
Jl. Kom. Yos Sudarso No. 1
Pontianak - Kalbar, Indonesia.