Berita

Current Articles | Categories | Search

DANLANTAMAL XII HADIRI RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PILKADA SERENTAK DI PROVINSI KALBAR PADA TAHUN 2020

 
TNI AL Lantamal XII Pontianak, Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi menghadiri Rapat Koordinasi dalam rangka persiapan Pilkada serentak di Provinsi Kalbar pada tahun 2020  bertempat di Function Hall 3-4 Hotel Kapus Palace Jl. Budi Karya ,Kel. Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalbar Senin (24/02/2020)


Gubernur Kalbar Bapak H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., menyampaikan sambutannya sekaligus membuka acara Rapat Kordinasi (Rakor) Persiapan Pilihan Umum/Pilihan Kepala Daerah Provinsi Kalbar Tahun 2020.


Sutarmidji mengatakan Pilkada serentak yang dilaksanakan di 270 daerah di Indonesia yang terdiri dari 9 Provinsi, 224 Kabupaten dan 37 Kota, di Kalimantan Barat ada 7 daerah yang melaksanakan Pilkada serentak yaitu Kabupaten Sambas, Bengkayang, Sekadau, Sintang, Melawai, Kapuas Hulu dan Ketapang.


Hal ini bukan hanya karena peran satu pihak saja namun karena kerja keras berbagai elemen mulai dari penyelenggara pemilu, pihak keamanan TNI-Polri, pihak penegak hukum Polri dan Kejaksaan, dan para camat bersama Forkompinda serta para Kepala Desa sebagai ujung tombak pelaksanaan pilkada.” ujar Gubernur.


Gubernur Kalbar menegaskan Jauhi politik yang mengedepankan Suku, Agama, Ras dan antar golongan pilkada telah menjadi kegiatan rutin yang kita laksanakan setiap tahunnya keberhasilan suatu pilkada yaitu Kualitas pilkada menjadi meningkat salah satunya menjaga tidak terjadinya korupsi.


Kondusifnya pilkada tergantung penyelenggara pemilu untuk menjaga situasi netralitas pemilu yang paling berat bukan dari masyarakat namun dari ASN karena dipresiksi tidak ada satupun instansi yang lepas dari netralitas politik.


Saya Berharap ASN pemerintah kalbar harus independen, jangan ada keberpihakan dengan siapapun dalam pelaksanan Pemilukada KPU dan Bawaslu Provinsi telah melaksanakan tugas dengan baik, yang perlu ditingkatkan adalah kualitas kinerja bawaslu tingkat kota, itu mungkin karena orang nya sedikit dan penakut, Jangan masalah kecil menjadi kasus besar karena ketidak tegasan dari para anggota bawaslu Kab dan Kota Penyelenggara Pilkada.


Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) harus bekerja keras dalam menangani setiap laporan pelanggaran pilkada. Kedepan penyelenggaraan pilkada, kewibawaan para penyelenggara harus dijaga agar TNI-POLRI tidak pusing untuk menjaga keamanan  Pemilukada di kalbar yaitu multi etnis, sebagai contoh saat pemilukada Gubernur Kalbar kemarin dilaksanakan dengan kondusif, itu tergantung dari para calon peserta pemilu dan kesadaran bagi peserta pilkada untuk tidak terpancing satu sama lain dengan isu yang ada. ”pungkasnya.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Kalbar Bapak H. Sutarmidji, S.H., M.Hum,  Pangdam XII/Tpr diwakili Pabandiaops Kodam XII/Tpr Mayor Inf Sri Widodo, Kapolda Kalbar diwakili Karoops Polda Kalbar Kombes Pol Jayadi, Danlantamal XII Pontianak Laksmana TNI Agus Hariadi , Danlanud Supadio diwakili Ps. Kaintel Lanud Supadio Mayor Sus Boby Reube, Kejati Kalbar diwakili Jaksa Madya Kejati Kalbar Bapak Albert Pangaribuan, S.H., M.H, Kabinda Kalbar diwakili Wakabinda Kalbar Bapak Pramono,  Kaban Kesbangpol Prov. Kalbar,  Drs. Alexander Rombonang, MMA,  Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Bapak Remisius S.Pd., M.Pd, K., Ketua KPU Provinsi Kalbar Bp. Ramdan,  OPD se-Kabupaten,  Bawaslu se-Kabupaten, Ketua Panitia Bp. Acaha, S.Sos, M.Si., serta KPU se-Kabupaten


Demikian Siaran Berita Lantamal XII.

posted @ Monday, February 24, 2020 2:33 AM by Pen Lantamal XII

Previous Page | Next Page

 


CONTACT US

Lantamal XII PONTIANAK
Jl. Kom. Yos Sudarso No. 1
Pontianak - Kalbar, Indonesia.